Rabu, 04 Agustus 2010

IPS : Letak Astronomis, Geografis, dan Geologis

Letak Astronomis :  Letak astronomis suatu negara adalah posisi letak yang berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

Letak Astronomis Indonesia : Terletak di 95º BB – 141º BB dan 6º LU – 11º LS. Indonesia dilewati oleh garis equator (nol derajat lintang) yang menyebabkan Indoneisa beriklim tropis.

Garis Bujur : Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya. Pada garis Bujur, tempat yang dianggap sebagai nol derajat adalah garis dari kutub utara ke kutub selatan yang tepat melintasi kota Greenwich di Inggris. Jadi, garis bujur yang berada di sebelah barat Greenwich disebut Bujur Barat dan garis yang berada disebelah timur disebut Bujur Timur. Jarak kedua garis bujur itu dari Greenwich hingga pada batas 180º (seratus delapan puluh derajat). Pada jarak itu, Bujur Barat dan Bujur Timur kembali bertemu. Garis bujur inilah yang pada perkembangannya dijadikan sebagai patokan dalam menentukan waktu di berbagai belahan dunia.

Garis Lintang : Garis lintang itu adalah garis maya yang melingkari bumi ditarik dari arah barat hingga ke timur atau sebaliknya , sejajar dengan equator (garis khatulistiwa). Garis lintang terus melingkari bumi, dari equator hingga ke bagian kutub utara dan kutub selatan bumi. Menurut penamaannya, kelompok garis yang berada di sebelah selatan equator disebut Lintang Selatan (S). Sedangkan kelompok garis yang berada di sebelah utara equator disebut Lintang Utara (U).
Garis Lintang menandakan perbedaan zona iklim di bumi. Daerah diantara garis Khatulistiwa yang diapit oleh garis CANCER dan garis CAPRICORN (antara 23,27 o LU – 23,27 o LS) disebut daerah tropis, karena di sanalah sepanjang waktu matahari bersinar pada siang hari, di daerah ini hanya dikenal 2 musim yaitu musim panas dan penghujan. Sementara daerah antara 23,27o LU dan 66,33oLU serta antara 23,27oLS dan 66,33oLS disebut daerah sub-tropis, di daerah ini dapat terjadi 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Sementara di daerah dekat Kutub utara dan selatan (90oLU dan 90oLS) dapat terjadi masa dimana dalam satu hari tidak muncul matahari, atau sebaliknya dalam satu hari matahari selalu bersinar (dikenal dengan istilah matahari tengah malam).


Letak Geografis :  Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

Letak Geografis Indonesia : Indonesia  terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang memengaruhi perekonomian Indonesia.

a.      Hubungan Letak Geografis Indonesia dengan Perubahan Musim
·         Peredaran Matahari Tahunan :
Gerakan semu matahari dari garis khatulistiwa ke 23 ½ derajat LU lalu ke 23 ½ derajat LS, lalu kembali ke garis khatulistiwa lagi. Hal ini disebabkan oleh revolusi bumi.

·         Angin Muson :
Angin yang bertiup setiap 6 bulan sekali dan selalu berganti arah yang terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin Muson ada 2 :

1)      Angin Muson Barat :
Angin yang bertiup pada periode Bulan Oktober - April . Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia musim panas, sehingga bertekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, sehingga tekanannya maksimum. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas.

2)      Angin Muson Timur :
Angin yang bertiup pada periode Bulan April - Oktober. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua asia lebih panas, sehingga tekananya minimum. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit.

Keuntungan letak geografis Indonesia :
1.      Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan negara – negara di kedua benua itu. Posisi tersebut selain juga berada di antara dua samudra membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. Hal itu membuat Indonesia dapat membuat hubungan baik dengan negara lain.
2.      Kawasan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dll. Selain itu juga akan timbul banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, dll. Hal itu dapat memajukan pariwisata Indonesia.
3.      Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan negara.
4.      Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan.
5.      Tanah Indonesia yang subur membuat Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian.

Letak Geologis Indonesia : Letak geologis adalah letak suatu wilayah dilihat dari jenis batuan yang ada di permukaan bumi. Secara geologis wilayah Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur dan terletak di 3 daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan Laut Pertengahan Australia Asiatis. Adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadinya gempa bumi. 

11 komentar:

  1. Balasan
    1. ooooooooooooooooooooo
      mungkin

      Hapus
  2. makin terbatu deh belajar nya !!!!! :)

    BalasHapus
  3. salah pak panang bujurnya?
    BT-BB

    BalasHapus
  4. Wah makasih ya. Ngebantu saya banget,kebetulan saya besok ulangan. Makasih ya

    BalasHapus
  5. MAKASIH YA MBAH GOOGLE
    MBAH SANGAT MEMBANTU SAYA BELAJAR
    SOALNYA SUSAH NYARI SINGKATANNYA
    I LOVE GOOGLE

    BalasHapus
  6. gk bantu blasss gue tambah salah letak geologis indonesia gk cocok :P

    BalasHapus
  7. aduh aduh
    yg orang cari benua asia bukan indonesia !!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Jangan PROVOKATIF, jangan menyerang agama lain, jangan berbau rasis.